Sabtu, 19 November 2011

Kabar Terbaru NBA

Penasaran dengan nasib para Rookie NBA Draft 2011 selama Lockout berlangsung? Setiap tahun di awal bulan November, biasanya para rookie sedang menikmati awal musim pertama mereka di NBA.  Kyrie Irving, pilihan pertama NBA Draft 2011, malah sibuk bolak-balik kampus Duke University di Connecticut. Sang point guard yang seharusnya mulai bermain untuk Cleveland Cavaliers ternyata sedang mengambil beberapa kelas di universitas almamaternya tersebut.  “Saya ingin tetap bersekolah sampai lockout ini selesai,” Irving menegaskan. “Ayah saya terus menekankan pentingnya pendidikan dalam hidup.”
Memang, lockout yang tengah berlangsung di NBA menyebabkan tertundanya jadwal musim baru, sehingga banyak rookie yang memilih kembali ke sekolah.  Derrick Williams (Minnesota Timberwolves), Tobias Harris (Milwaukee Bucks), dan Tristan Thompson (Cavaliers) juga tengah menyelesaikan studi sambil meneruskan training di universitas mereka masing-masing.
“Banyak orang yang kaget ketika melihat saya di kelas atau mendengar saya kembali ke sekolah,” kata Thompson. “Tetapi kesempatan bermain basket tidak selamanya ada.”  Selain mengambil kelas, Thompson dan para rookie yang lain juga dapat memanfaatkan fasilitas olahraga dan tim pelatih basket di kampus mereka.
Wajar jika para calon pemain ingin mempergunakan waktu luang mereka sebaik mungkin.  Sejak periode lockout dimulai tanggal 1 Juli 2011 lalu, nasib mereka bagai terombang-ambing.  Mereka bahkan tidak dapat bertemu dan berkomunikasi dengan pelatih NBA mereka.
Setelah mengikuti NBA Draft di bulan Juni 2011, para rookie tidak lagi memenuhi syarat untuk bertanding di tingkat universitas atau NCAA.  Di lain pihak, semua tim NBA juga tidak diperbolehkan menandatangani kontrak dengan pemain baru sampai lockout selesai.
Sekarang, mereka hanya bisa menunggu terjadinya kesepakatan antara pemilik tim dan para pemain NBA sehingga kompetisi musim ini dapat resmi dimulai.
Beberapa pemain memang merasa frustrasi dengan situasi yang tidak menentu ini.  “Saya sering bertanya, kenapa harus tahun ini, saat saya memiliki kesempatan yang bagus untuk bermain di NBA, malah terjadi lockout?” ungkap Darius Morris, calon pemain Lakers. “Walaupun kita juga harus mulai berpikir positif kalau tidak ingin terlalu down.”
Banyak juga rookie yang beranggapan bahwa lockout ini adalah demi kebaikan mereka sendiri, seperti Kemba Walker, mantan pemain University of Connecticut yang seharusnya mulai bermain dengan Charlotte Bobcats.
“Saya meninggalkan kuliah untuk mewujudkan impian saya bermain di NBA,” ujarnya. “Tetapi di lain pihak saya juga tidak mau menyerah sebelum mendapatkan hasil yang memuaskan.  Kami menginginkan [kesepakatan gaji] yang terbaik untuk menjamin masa depan kami.”
Walker adalah satu dari banyak rookie yang mengisi waktu mereka dengan mengikuti pertandingan eksebisi.  Kebanyakan dari mereka menyambut kesempatan untuk bertanding dengan pemain-pemain NBA, walaupun bukan dalam pertandingan reguler.
Josh Selby, misalnya, mendapat kesempatan mengikuti turnamen Impact Basketball Competitive Training Series di Las Vegas bulan lalu.  Turnamen ini diikuti oleh delapan tim yang terbentuk atas pemain-pemain ternama dan dijuluki “Lockout League” oleh The New York Times.
“Kesempatan belajar dari para pemain yang berada dalam posisi yang saya inginkan merupakan suatu berkah,” kata Selby, rookie dari Memphis Grizzlies. “Saya dapat bermain dengan para All Stars, dan mereka mengenali bakat saya.”
Di tengah kesibukannya belajar, Tristan Thompson juga sempat berpartisipasi dalam pertandingan South Florida All-Star Classic di Miami yang berlangsung tanggal 8 Oktober 2011.  Dwayne Wade, Lebron James, dan Chris Bosh adalah beberapa pemain papan atas yang ikut serta dalam pertandingan tersebut.
Jimmer Fredette, rookie Sacramento Kings yang juga merupakan NCAA Player of the Year 2011 [sempat mencetak 43 points dalam pertandingan di College - lihat video], tak ingin hanya diam menunggu undangan pertandingan eksebisi.  Dia malah menyelenggarakan pertandingan All Stars-nya sendiri di Provo, Utah, kota tempat Brigham Young University di mana dulu dia bermain sebagai point guard.
Pertandingan Jimmer Fredette All Stars yang diadakan bulan September hanya diikuti oleh rookie NBA, antara lain Fredette, Kemba Walker, Tobias Harris, Kawhi Leonard (San Antonio Spurs), Nolan Smith (Portland Trail Blazers), dan Bismack Biyombo (Bobcats).
“Ini menjadi suatu tolak ukur yang bagus,” ujar Fredette, yang juga mengisi waktunya dengan menangani perkemahan (kamp) basket di kampus Brigham Young.  “Sambil menunggu, kami hanya bisa bekerja keras dan mempertahankan permainan yang baik,” lanjutnya.
Ada juga rookie yang memilih eksodus ke luar negeri.  Nikola Vucevic dari Philadelphia 76ers, contohnya, akhirnya kembali ke Montenegro, tanah kelahirannya, dan bermain untuk KK Buducnost.  Vucevic mengikuti jejak Tony Parker dan Mehmet Okur yang juga pulang ke kampung halamannya masing-masing selama musim NBA belum dimulai.
Selain Vucevic, Kyle Singler dari Detroit Pistons bergabung dengan CB Lucente Alicante di Spanyol, sementara Justin Harper dari Cavaliers memilih SIG Strasbourg di Perancis.  Para rookie yang hijrah ke luar negeri umumnya menandatangani kontrak yang mengijinkan mereka kembali ke Amerika jika lockout berakhir.
Lance Young, agen dari Justin Harper, menjelaskan bahwa bermain di luar negeri memiliki keuntungan tersendiri.  “[Harper] bisa memperoleh penghasilan,” kata Young. “Tetapi alasan utama dia ingin melakukan ini bukan untuk uang, melainkan untuk kesempatan bermain secara profesional.”
Derrick Williams juga mempertimbangkan pindah ke luar negeri kalau lockout masih terus berlangsung.  “Ini Plan B saya, apalagi dalam tahap sekarang ini,” ungkap Williams.
Apapun pilihan para rookie NBA dalam keadaan yang serba tidak pasti ini, mereka ingin segera bertanding dengan timnya masing-masing.  Mereka berharap kesepakatan dapat tercapai antara pemilik tim dan para pemain.
“Saya mencoba untuk seoptimis mungkin mengenai situasi pekerjaan ini,” ujar Kyrie Irving. “NBA dan Asosiasi Pemain (NBPA) perlu mencapai keputusan yang adil untuk kedua belah pihak.”
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Para rookie tidak bisa bermain di NBA bulan Nov 2011. Sumber foto: http://goo.gl/lwJgR
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Ada rookie yang kembali ke sekolah. Sumber foto: http://goo.gl/NQ2lY
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Jimmer bersama pacarnya. Sumber foto: http://goo.gl/sHRhU
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Kyrie Irving. Sumber foto: http://goo.gl/OJ5FE
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Bismack Biyombo. Sumber foto: http://goo.gl/0o6lR
Nasib Para Rookie NBA Draft 2011 Selama Lockout - Para pemain NBA Draft 2011. Sumber foto: http://goo.gl/745wa
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/olahraga/basket/11/11/01/ltyn1e-nasib-para-rookie-nba-draft-2011-selama-lockout

| Free Bussines? |

>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

menarik
lumayan
membosankan